Apa Itu WiFi Sejarah, Manfaat Dan Pengertian WiFi

| |
Apa Itu WiFi Sejarah, Manfaat Dan Pengertian WiFi

Website Promosi Bisnis dan Jual Beli Barang Bekas Daftar


Setiap kali bepergian ke tempat umum seperti restoran atau kafe, stasiun, perpustakaan umum, dan sebagainya, pertanyaan paling umum yang sering diajukan kepada pelayan atau petugas di tempat umum tersebut adalah : “ada Wifi atau tidak?”.

Cukup banyak pula tempat komersil yang menarik pelanggan dengan cara mempromosikan Wifi gratis untuk siapapun yang mau berkunjung sambil bersantai sejenak.

Pengertian Wifi

Secara umum, pengertian Wifi adalah teknologi untuk saling bertukar data menggunakan gelombang radio (secara nirkabel) dengan memanfaatkan berbagai peralatan elektronik. Diperlukan peralatan elektronik seperti misalnya komputer, smartphone, tablet, atau bahkan video game console untuk terhubung dalam jaringan komputer, termasuk internet, melalui Wifi.

Perangkat elektronik tersebut haruslah berada dalam sebuah titik akses (hotspot) jaringan nirkabel untuk dapat terhubung dengan Wifi. Dalam suatu jaringan Wifi, biasanya titik akses memiliki jangkauan hingga 20 meter di dalam ruangan, dan ada pula yang lebih jauh jangkauannya untuk Wifi di luar ruangan.

Wifi sendiri sebenarnya adalah singkatan dari Wireless Fidelity.

Biasanya, agar wifi dapat terkoneksi dengan suatu perangkat elektronik, wifi ini akan memakai frekuensi gelombang radio di dalam rentang 2,4GHz s/d 5GHz.

Seiring dengan perkembangan zaman, internet berubah dari yang sebelumnya hanya menjadi kebutuhan tersier, yang sekarang sudah seperti menjadi kebutuhan primer.

Oleh sebab itulah, lalu ada banyak pebisnis yang bermunculan untuk menyediakan wifi supaya pelanggannya bisa menikmati waktu lebih lama berada di dalam restoran atau kafe miliknya.

Untuk masalah frekuensi wifi berdasarkan standar dari IEEE (Electrical And Electronis Engineers), hal tersebut terbagi ke dalam empat bagian, antara lain:

  • 802.11b 11 Mb/s 2.4 GHz B
  • 802.11g 54 Mb/s 2.4 GHz B, G
  • 802.11a 54 Mb/s 5 GHz A
  • 802.11n 100 Mb/s 2.4 GHz B, G, N

Jenis “b” adalah produk wifi yang pertama. Sementara dengan tipe “g” dan “n” merupakan salah satu produk yang mempunyai penjualan paling banyak diminati oleh masyarakat di tahun 2005.

Berdasarkan dengan bentuk fisiknya, wifi dibedakan menjadi dua bagian, antara lain:

  • Bentuk PCI
  • Bentuk USB

Jenis PCI pada umumnya dimanfaatkan di dalam suatu PC (personal Computer).

Sementara pada jenis Usb pemakaiannya lebih portabel, yakni dapat digunakan pada laptop ataupun PC. Hal tersebut disebabkan didesain dengan jenis colokan USB. Sehingga akan memudahkan setiap user.

 

Fungsi Wifi

Setelah memahami pengertian Wifi di atas, tentu kita sudah bisa memahami bahwa salah satu fungsi Wifi adalah untuk menghubungkan perangkat ke dalam jaringan lokal maupun jaringan internet. Namun apakah hanya sebatas itu saja fungsi Wifi? Ternyata, masih ada lagi fungsi Wifi yang mungkin belum Anda sadari, seperti beberapa fungsi di bawah ini misalnya :

1. Menghubungkan Perangkat Ke Dalam Jaringan

Berbeda dengan jaringan kabel LAN yang terbatas penggunanya, Wifi bisa digunakan di banyak komputer tanpa menambah jumlah kabel. Dengan begitu, Wifi memudahkan banyak pengguna untuk sekaligus terhubung ke dalam jaringan.

2. Berbagi Data Antar Perangkat

Misalkan Anda mempunyai dua buah perangkat elektronik, lalu ingin memindahkan data di salah satunya ke perangkat lainnya. Wifi dapat dimanfaatkan untuk hal ini, sehingga kabel data tak lagi dibutuhkan dan menyebabkan pekerjaan lebih praktis dan efisien.

3. Modem Dari Smartphone

Memang dengan adanya Wifi, sebuah smartphone dapat terhubung dengan internet sehingga pengguna tak perlu lagi menggunakan paket data berbayarnya. Namun tak hanya itu, jika smartphone Anda mendukung perangkat wireless, maka Anda bisa menjadikan smartphone tersebut sebagai modem.

Hal ini sangat berguna terutama jika Anda bepergian ke tempat yang tidak tersedia Wifi. Jika paket data Anda cukup banyak, maka ketika ingin mengakses internet melalui laptop misalnya, Anda dapat memfungsikan smartphone sebagai modem yang menggunakan sinyal Wifi untuk terhubung ke laptop.

4. Kecepatan Internet Lebih Pesat

Hal ini tentu sudah bisa dipahami oleh para pengguna smartphone. Berbeda dengan saat mengakses internet melalui jaringan seluler yang terkadang cepat terkadang lambat tergantung keberadaan sinyal, biasanya kecepatan akses internet dengan menggunakan Wifi lebih terjamin kecepatannya. Salah satu indikasinya adalah Anda bisa melakukan streaming video tanpa putus-putus, pengunduhan dokumen yang lebih cepat, akses yang tidak membutuhkan loading.

 

Cara Kerja Wifi

 

Secara sederhana, wifi bekerja dengan menggunakan gelombang radio.

Kemudian berbagi data yang dikirimkan atau diminta oleh pengguna yang melesat di udara dengan memakai gelombang radio.

Supaya bisa menerjemahkan data maupun dokumen yang dikirim lewat gelombang radio satu ini, maka suatu komputer harus mempunyai adaptor wireless sehingga dapat terkoneksi ke wifi.

Gelombang radio ini berwujud sinyal yang kemudian dikirim ke router yang fungsinya sebagai decoder (penerjemah kode).

Selepas berhasil diterjemahkan, data itu kemudian dikirim ke dalam jaringan internet dengan menggunakan koneksi ethernet.

Jaringan wifi ini bekerja pada dua arah, pada masing – masing data yang diterima lewat internet juga dalam waktu bersamaan melalui router untuk kemudian dijadikan kode olehnya kepada setiap paket data.

Lalu dikirimkan kembali ke dalam bentuk sinyal radio yang telah diterima oleh adaptor pada komputer nirkabel.

 

Kelebihan dan Kekurangan Wifi

 

Kelebihan Wifi

Berikut ini adalah beberapa kelebihan wifi, antara lain:

  • Dapat menghemat biaya.
  • Jaringan wifi ini termasuk sangat awet serta tahan pada berbagai macam gangguan.
  • Mengurangi pemakaian kabel, serta bisa mengatasi yang mana kabel tidak bisa dipakai di tempat maupun ruangan tertentu.
  • Praktis ketika mengakses internet, mengerjakan sharing file, dan yang lainnya. Dimana saja dan juga kapan saja tentunya pada radius tertentu yang dapat dijangkau oleh hotspot.
  • Tidak terlalu banyak dalam konfigurasi. Sebagai contoh dalam sebuah kantor ada beberapa ruangan, maka cukup untuk melakukan konfigurasi jaringan wifi satu saja di dalam setiap ruangan. Sehingga apabila terdapat pegawai kantor yang kerap kali berpindah ruangan maupun tempat kerja maka tak perlu lagi melakukan konfigurasi ulang jaringan internet.

Kekurangan Wifi

Berikut ini adalah beberapa kekurangan wifi, antara lain:

  • Keamanan yang kurang baik, sehingga dalam jaringan wifi harus diamankan. Sebagai contoh dengan memakai password. Hal tersebut guna menghindari orang – orang yang tak mempunyai kepentingan dalam mengakses jaringan wifi itu sendiri.
  • Penyaluran sinyal yang tak merata, sebab adanya batasan jarak.
  • Sinyal wifi akan cenderung terpengaruh pada kondisi cuaca serta iklim.
  • Tak cocok apabila dipakai untuk kegiatan transfer data yang amat besar.

 




Bagikan Artikel :