Cara Import Dan Export Database Di XAMPP

| |
Cara Import Dan Export Database Di XAMPP

SeputarCoding.com -  Hallo Selamat Datang kembali di Situs Gudang Download Source Code Aplikasi Terlengkap dan gratis, kali ini seputarcoding akan membagikan tutorial Cara Import dan Export Database di XAMPP. Import dan export database merupakan tutorial yang sangat sederhana jika akan menjalankan aplikasi yang Anda download di Seputar Coding. 

Database adalah yang berfungsi untuk menyimpan data-data pada website. Dan Database kumpulan dari informasi dalam website yang tersusun sistematis dan dapat diolah. Terdapat berbagai jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, Oracle SQL dan sebagainya tetapi disini admin Seputar Coding bakal membahas Database MySQL. Karena database adalah jantungnya pada sebuah website, maka kehadirannya sangatlah penting. Bagi sebagian orang yang terbiasa membuat website, pasti akan membuat database di localhost terlebih dahulu.

Nah apa itu Localhost, apa itu XAMPP dan apa itu phpMyAdmin.

Localhost adalah sebuah server lokal yang ada di komputer. Jadi, Anda dapat membuat lingkungan hosting sendiri di komputer kamu menggunakan localhost. Sebenarnya localhost adalah hostname dari komputer itu sendiri. Pada intinya baik hosting ataupun localhost dapat diakses ketika ada web server yang berjalan. Di layanan hosting berbayar, untuk urusan web servernya tidak usah dipermasalahkan karena pihak penyedia layanan sudah menyediakannya. Namun jika Anda menggunakan di server local atau localhost, anda harus melakukan instalasi web server sendiri. Bagaimana caranya menggunakan web server sendiri? Caranya dengan menggunakan software yang bernama XAMPP.

Dan XAMPP adalah software yang mempermudah user dalam mengelola beberapa hal yang dibutuhkan agar website dapat berjalan. Dengan XAMPP, anda dapat menginstall Apache, MariaDB, PHP and Perl dengan mudah. Cara menggunakanya sangat mudah, Anda hanya perlu klik Start untuk mengaktifkan dan klik Stop untuk menonaktifkan service yang berjalan.

PHPMyadmin adalah sebuah software yang berfungsi untuk mengelola MySQL yang ada di website. Anda dapat melakukan berbagai hal seperti membuat tabel, mengelola tabel, membuat kolom, melakukan indexing, mengelola hak akses user, menghapus data pada tabel, melakukan query dan sebagainya. Pada dasarnya operasi MySQL berupa konsol dan susah digunakan untuk pemula karena menggunakan query/ kode-kode yang beragam. Namun dengan hadirnya phpMyAdmin ini, semua orang dapat melakukan pengelolaan database dengan mudah. Anda dapat melakukan import database di phpMyAdmin juga.

Langkah Cara MenExport Database di XAMPP/Hosting

Di asumsikan disini Anda sudah bisa menjalankan server XAMPP, jika belum paham tentang menjalankan server XAMPP silakan baca artikel sebelumnya.

1. Pastikan Server XAMPP Anda sudah berjalan dengan baik dan tidak mengalami error. 

2. Selanjutnya buka browser di komputer Anda (Mozila Firefox atau Google Chrome)

3. Akses alamat localhost/phpmyadmin / atau alamat dari komputer server

4. Lalu klik database dan pilih menu Export

5. Lalu Klik GO pada menu di bawah sebelah kiri, otomatis akan terdownload database dengan ekstensi .sql,  tujuan dari export database misalnya kita akan backup database atau dengan tujuan pindah server 

BACA JUGA  : 

Demikianlah beberapa informasi dari Seputar Coding tentang Cara Import dan Export Database di XAMPP. Jika teman-teman masih belum paham, silakan tinggalkan komentar di bawah.




Bagikan Artikel :