Apa Itu Jaringan Komputer ? Dan Macam Macam Jaringan Komputer

| |
Apa Itu Jaringan Komputer ? Dan Macam Macam Jaringan Komputer

Website Promosi Bisnis dan Jual Beli Barang Bekas Daftar


SeputarCoding.com -  Hallo Selamat Datang kembali di Situs Gudang Download Source Code Aplikasi Terlengkap dan gratis, kali ini seputarcoding akan membagikan tentang Apa itu Jaringan Komputer ? Dan Macam Macam Jaringan Komputer.

 

Jaringan komputer

Jaringan komputer adalah hubungan antara dua atau lebih komputer yang saling berhubungan. Jaringan komputer dirancang untuk mempromosikan dan mempercepat kinerja manusia, karena banyak hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan jaringan komputer, seperti: berbagi data, berbagi printer, berbagi internet, dll. 

 

1. Local Area Network (LAN),

Penggunaan LAN biasanya dapat ditemukan pada gedung perkantoran, sekolah atau rumah yang tidak membutuhkan jarkom dengan jangkauan yang luas.

Karena jangkauan yang terbatas, jaringan LAN biasanya dimiliki dan dikelola oleh satu user atau sebuah organisasi saja.

Walaupun memiliki jangkauan jaringan yang terbatas, jaringan LAN memiliki beberapa fungsi yang cukup membantu dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

 

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut adalah beberapa fungsi dari penggunaan jaringan LAN.

- Dapat Menghubungkan Beberapa Perangkat Komputer

Anda dapat dengan mudah menghubungkan antara perangkat komputer satu dengan komputer lainnya baik dengan menggunakan komponen switch/hub atau menggunakan metode wireless (nirkabel).

 

- Memudahkan dalam Memindahkan File ke Komputer Lainnya

Dengan menggunakan jaringan komputer LAN, Anda tidak perlu menggunakan perangkat tambahan seperti flashdisk, hardisk atau card reader untuk memindahkan sebuah file dari satu komputer dengan komputer lainnya.

 

- Anda bisa menggunakan fitur sharing dengan bantuan jaringan LAN untuk memindahkan dokumen tanpa perlu menggunakan kabel data.

Anda pun memungkinkan untuk memakai printer secara bersamaan dengan menggunakan jaringan LAN. Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan setting ulang pada menu control panel di perangkat komputer yang digunakan.

 

 

2. Metropolitan Area Network (MAN)

MAN merupakan jaringan komputer yang berukuran lebih besar daripada jaringan LAN, karena MAN sudah mencakup beberapa lokasi yang saling berdekatan.

Jadi jika Anda ingin membuat sebuah jaringan LAN namun jaraknya cukup jauh, artinya Anda perlu menggunakan jaringan komputer MAN.

Jaringan komputer MAN hanya menggunakan satu atau dua kabel saja yang fungsinya untuk mengatur transmisi paket data dari kabel output yang terdapat di dalam kabel tersebut.

 

Untuk karakteristik dari jaringan MAN dapat Anda lihat pada penjelasan di bawah ini.

  • Jaringan MAN biasanya tidak dikelola atau dikendalikan oleh satu organisasi saja, jadi jaringan MAN dan peralatan penghubung lainnya dimiliki oleh sebuah konsorsium pengguna yang nantinya akan diperjualbelikan ke pengguna.
  • Jaringan MAN memiliki kecepatan yang cukup tinggi untuk sumber daya di sebuah daerah.
  • Jaringan MAN memiliki jangkauan koneksi yang lebih luas dibandingkan jaringan LAN, walaupun teknologi yang digunakannya hampir mirip.

 

3. Wide Area Network (WAN)

WAN merupakan jaringan yang lebih besar dari jaringan komputer yang tersebut diatas, WAN jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas. WAN mencakup beberapa negara maupun beberapa benua yang memberntuk jaringan. WAN juga bisa dikatakan kumpulan dari beberapa jaringan LAN dan MAN yang dihubungkan yang memberntuk jaringan yang sangat besar.

Jaringan komputer WAN dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan antar negara atau juga benua yang pada umumnya menggunakan kabel fiber optic yang ditanamkan di dalam tanah atau di bawah laut.

Jaringan WAN memiliki kemiripan dengan jaringan internet, hanya saja jaringan WAN masih menggunakan kabel sebagai media untuk mentransfer data sedangkan sebagian besar jaringan internet sudah menggunakan teknologi wireless (nirkabel).

 

Untuk fungsi-fungsi dari jaringan komputer WAN dapat dilihat pada penjelasan dibawah ini.

  • Proses bertukar informasi dan komunikasi menjadi lebih mudah dan cepat.
  • Efisiensi proses transfer arus informasi menjadi meningkat.
  • Biaya operasional menjadi lebih hemat.

 

Demikianlah beberapa informasi dari Seputar Coding tentang Apa itu Jaringan Komputer ? Dan Macam Macam Jaringan Komputer. Jika teman-teman masih belum paham, silakan tinggalkan komentar di bawah.




Bagikan Artikel :