Tips Berjualan Online Untuk Pemula Agar Penjualan Anda Sukses

| |
Tips Berjualan Online Untuk Pemula Agar Penjualan Anda Sukses

Website Promosi Bisnis dan Jual Beli Barang Bekas Daftar


Bagi yang hanya ingin terjun ke bidang bisnis online apakah sudah memiliki pengalaman bisnis sebelumnya atau belum, ada beberapa keterampilan jualan online untuk pemula yang perlu Anda perhatikan. Tips yang akan kami berikan disini sangatlah penting, anda perlu memperhatikan dan mencoba mempraktekkannya dalam bisnis online, karena sangat berguna untuk mengatur elemen-elemen yang ada pada bisnis online.

Bagi yang baru memulai, keterampilan menjual online yang akan kami berikan untuk para pemula akan membantu Anda memahami dan melatih cara berpikir dalam mengelola bisnis Anda. Keterampilan ini juga dapat diterapkan pada bisnis online. Sementara itu, bagi orang yang baru saja memulai bisnis online tetapi masih offline atau masih menjalankan bisnisnya sendiri secara offline, beberapa tips berikut akan membantu Anda memahami situasi yang akan dihadapi di dunia maya.

Tips Jualan Online untuk Pemula

 

Berikut adalah cara dan langkah yang bisa anda lakukan untuk memulai jualan secara online:

  1. Mempersiapkan mental
  2. Menentukan produk yang akan dijual
  3. Menyusun rencana bisnis
  4. Mencari dan menentukan supplier
  5. Menentukan harga jual
  6. Mencari dan menentukan tempat jualan
  7. Melakukan promosi barang jualan anda
  8. Mengelola arus kas
  9. Evaluasi dan mengkaji ulang strategi jualan

Kami akan menjelaskan dengan lebih detail dan lebih dalam masing-masing dari langkah tersebut.

1. Mempersiapkan Mental

Sebagai permulaan, hal pertama yang harus diperhatikan dalam keterampilan berjualan online adalah mempersiapkan mental terlebih dahulu, apalagi jika Anda belum pernah memulai bisnis online maupun offline.

Beberapa hal perlu anda perhatikan sebagai berikut:

  1. Karakteristik dari pembeli
  2. Tampilan toko / media yang digunakan untuk jualan
  3. Membangun kepercayaan pelanggan atas toko anda
  4. Kualitas CS / yang melayani pembeli anda

2. Menentukan Produk yang Akan Dijual

Selain itu, ketika memutuskan produk mana yang akan dijual, cara yang paling mudah adalah dengan menjual produk yang Anda kuasai, sering-seringlah menggunakan atau memahami kelebihan dan kekurangannya. Misalnya, jika Anda tahu tentang gadget dan aksesori, Anda bisa menjual satu atau dua di antaranya.

Jika menurut Anda pengetahuan tentang produk yang dipilih masih terlalu "dangkal", jangan khawatir, karena Anda dapat mempelajarinya lebih lanjut dengan menjelajahi Internet atau membaca buku atau majalah terkait. Ngomong-ngomong, jangan malu untuk mengakui kepada pelanggan apa yang tidak Anda pahami.

3. Menyusun Rencana Bisnis

Teknik penjualan online pemula berikutnya adalah mengembangkan rencana bisnis yang akan dijalankan darinya. Rencana bisnis ini akan mencakup banyak hal yang akan kami jelaskan atau diskusikan selanjutnya, tetapi dalam gambaran umum rencana ini, Anda akan mengatur segala sesuatu tentang bisnis online.

Dari sekadar menentukan nama toko, menentukan produk yang akan dijual, mulai dari rencana harga, hingga menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan modal yang ditempatkan.

4. Mencari dan Menentukan Supplier

 

Setelah mengetahui produk apa yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah mencari supplier mana, yaitu dimana anda membeli produk yang tepat untuk dijual dan memberikan harga terbaik.

Pastikan untuk menyisihkan waktu dan pikirkan baik-baik tahapan ini, karena ini penting untuk bisnis online yang akan Anda jalankan.

Beberapa faktor yang menentukan pemilihan supplier yang tepat antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Lokasi supplier, jarak dari tempat mereka ke tempat anda,
  2. Harga yang mereka tawarkan,
  3. Ketersediaan stok barang yang akan ada jual,
  4. Kemudahan dan kelancaran komunikasi dengan supplier tersebut.

5. Menentukan Harga Jual

 

Teknik jualan online lain untuk pemula adalah menentukan harga jual yang benar dari produk yang akan ditawarkan.

Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dari segi ini antara lain adalah:

  1. Berapa harga produk di pasaran,
  2. Berapa harga yang dipatok oleh supplier anda,
  3. Berapa biaya-biaya operasional yang anda keluarkan untuk mendatangkan barang.

Setelah mengetahui dan mempertimbangkan kedua faktor tersebut, barulah anda bisa menentukan berapa kira-kira harga jual yang tepat.

6. Mencari dan Menentukan Tempat Jualan

 

Dalam mencari lokasi jualan online, anda perlu mengetahui apa saja alternatif lokasi yang ada di pasaran,  yang mana saat ini sudah sangat beragam tersedia di internet.

Ada banyak pilihan tempat jualan online yang bisa anda pilih berdasarkan kategorinya, antara lain:

  1. Media Sosial, seperti Facebook dan Instagram,
  2. Marketplace, seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia,
  3. Membuka website toko online sendiri.

Tentunya di antara berbagai pilihan tersebut, Anda perlu memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing opsi, dan menyesuaikannya dengan gaya bisnis Anda sendiri, agar tidak kewalahan.

Misalnya di Instagram, calon pembeli akan menyukai foto produk yang halus dan cantik, sedangkan di pasaran akan lebih banyak memposting foto produk secara detail.

7. Melakukan Promosi Barang Jualan Anda

 

Tips jualan online untuk pemula yang selanjutnya adalah memilih saluran promosi yang akan anda gunakan untuk memasarkan dan mempromosikan jualan anda.

Beberapa saluran promosi yang bisa digunakan antara lain adalah:

  1. Membayar ke marketplace untuk menjadi premium member atau official store,
  2. Memasang iklan di Facebook atau Instagram (khusus anda yang memiliki akun jualan di kedua media sosial tersebut)
  3. Beriklan di Google Ads atau Adwords Express
  4. Mengoptimalkan SEO

Untuk Google Ads, Adwords Express, dan SEO itu hanya khusus untuk anda yang memiliki website jualan sendiri.

8. Mengelola Arus Kas

 

Mengelola uang masuk dan keluar sangat penting untuk menjalankan bisnis. Apakah ini hanya transaksi off-exchange atau waktu yang cukup, Anda perlu memantau dan mencatat setiap transaksi.

Mengapa demikian? Kuncinya adalah memastikan bahwa Anda dapat mengolah dan menganalisis pencatatan keuangan agar datanya dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya. Misalnya, untuk mengurangi biaya operasional, mencari pemasok yang lebih murah, menaikkan atau menurunkan harga, menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pengembalian investasi, menentukan anggaran promosi, dan banyak kegunaan lainnya.

Tidak perlu menggunakan metode pencatatan yang rumit dan rumit, cukup dengan mencatat penerimaan kas harian dan kas di Excel atau notebook. Tentu saja, ini membutuhkan disiplin dan ketekunan Anda sendiri, dan bagaimana Anda terbiasa mencatat setiap transaksi.

9. Evaluasi dan Mengkaji Ulang Strategi Jualan

 

Sebagai permulaan, teknik penjualan online terakhir adalah memastikan bahwa Anda harus secara teratur mengevaluasi kinerja penjualan dan promosi atau aktivitas pemasaran yang sedang berlangsung sebelum Anda dapat menentukan strategi berikutnya.

Ini untuk memastikan bahwa Anda membuang semua elemen tidak berguna, yang seringkali merupakan pemborosan yang tidak perlu, sehingga membuat bisnis Anda lebih efisien.

 




Bagikan Artikel :