Cara Mengatasi Laptop Panas Berlebihan Atau Overheat Dan Bahaya Nya

| |
Cara Mengatasi Laptop Panas Berlebihan Atau Overheat Dan Bahaya Nya

Website Promosi Bisnis dan Jual Beli Barang Bekas Daftar


SeputarCoding.com -  Hallo Selamat Datang kembali di Situs Gudang Download Source Code Aplikasi Terlengkap dan gratis, kali ini seputarcoding akan membagikan informasi tentang Cara Mengatasi Laptop Panas Berlebihan atau Overheat dan Bahaya nya.

 

Laptop terkadang mengalami panas yang berlebihan atau over heat. Hal ini terkadang laptop shutdown sendiri. Jika tidak segera diatasi, dapat berakibat pada penurunan performa, bahkan bisa menyebabkan laptop tidak awet. Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa langkah yang bisa mengatasi masalah ini.

Salah satu tanda laptop Anda panas yaitu putaran kipas/fan menjadi kencang. Karena kipas laptop memang dibuat kencang secara otomatis ketika terjadi kenaikan suhu pada processor. Berbeda ketika normal. Putaran kipas tidak akan secepat saat processor panas.

Selain fan yang berputar kencang ketika terlalu panas, ada beberapa merek laptop yang shutdown secara otomatis. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada bagian komponen laptop.

 

Bagaimana Mengetahui Laptop Yang Overheat?

Saat komputer selalu berjalan dengan kecepatan maksimum, dapat dipastikan bahwa komputer terlalu panas. Anda mungkin juga mengalami penurunan kinerja, karena CPU modern mengurangi kecepatan clock untuk mengurangi tekanan termal. Selain itu, perangkat lunak yang aman dari kegagalan dapat memicu penghentian mendadak untuk mencegah kerusakan perangkat keras.

Jika kalian ingin mengukur nilai panas sebenarnya di dalam laptop, kalian dapat menggunakan tool seperti HWMonitor.

Ini juga dapat menunjukkan bagian mana dari laptop yang terlalu panas. Biasanya, Anda akan menemukan bahwa central processing unit (CPU) atau graphics processing unit (GPU) adalah yang paling panas. Laptop dengan grafik internal mungkin tidak menampilkan suhu GPU individu.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Overheat?

 

 

1. Sirkulasi Udara

Saat laptop terlalu panas, hal pertama dan terpenting yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan kipas, yang menyediakan pendinginan untuk CPU dan kartu grafis. Pasalnya, semakin lama umur laptop, semakin banyak debu yang masuk dan menghalangi sirkulasi udara.

Konsultasikan laptop kalian untuk mengetahui bagaimana kalian dapat membuka laptop untuk membersihkan bagian-bagian ini. Namun, sebelum kalian mencoba melakukan pembersihan apa pun, pastikan kalian sudah melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Mematikan komputer
  2. Menyabut semua kabel
  3. Melepas baterai (jika memungkinkan)

 

2. Bersihkan Filter Udara dan Heatsink

Coba perhatikan kondisi bagian dalam laptop. Pastikan tidak terlalu kotor. Jika memang kondisinya terlalu kotor. Anda bisa  membersihkan bagian dalam laptop. Kalau tidak berani, Anda bisa meminta bantuan orang lain yang pernah membuka casing laptop.

Hanya saja perlu diingat, garansi laptop akan habis ketika Anda membuka casing. Segel garansi pada bagian baut akan hilang.

 

3. Thermal Paste

Panas terbesar pada laptop berasal dari processor. Nah thermal paste berfungsi untuk mengantarkan panas dari processor ke heatsink yang kemudian didinginkan oleh kipas/fan komputer.

Jika thermal paste kering, akibatnya panas pada processor tidak terserap dengan baik oleh heatsink. Hal ini dapat menyebabkan overheat. Harga thermal paste cukup murah. Anda bisa mendapatkan di toko service komputer.

 

4. Kurangi Aplikasi yang Terbuka

Anda bisa menjalankan hanya beberapa aplikasi penting saja saat menggunakan laptop.Tutup beberapa aplikasi lain yang tidak perlu.

 

5. Perhatikan Posisi Laptop

Biasanya sirkulasi udara pada laptop yaitu dari bagian bawah ke samping. Anda harus membuat sirkulasi udara ini tetap berjalan dengan baik.

Hindari meletakkan laptop pada kasur. Selain berdebu, hal ini dapat menyebabkan sirkulasi udara menjadi terganggu. Terkadang kita tidak begitu memperhatikan kebersihan tempat laptop. Untuk itu, pastikan dudukan laptop dalam kondisi bersih agar tidak menyebabkan filter menjadi tersumbat.

 

6. Bersihkan Virus Laptop

Jika file -file system laptop bersih dari virus, Laptop Anda akan bekerja dengan cepat, processor menjadi lebih ringan. Akibatnya, suhu yang ada pada heatsink menjadi lebih dingin.

 

Demikianlah beberapa informasi dari Seputar Coding tentang Cara Mengatasi Laptop Panas Berlebihan atau Overheat dan Bahaya nya. Jika teman-teman masih belum paham, silakan tinggalkan komentar di bawah.




Bagikan Artikel :