Cara Memodifikasi Kabel UTP Menjadi POE

| |
Cara Memodifikasi Kabel UTP Menjadi POE

Website Promosi Bisnis dan Jual Beli Barang Bekas Daftar


SeputarCoding.com -  Hallo Selamat Datang kembali di Situs Gudang Download Source Code Aplikasi Terlengkap dan gratis, kali ini seputarcoding akan membagikan artikel tentang Cara Memodifikasi Kabel UTP Menjadi POE.

POE (Power Over Ethernet) untuk modem yang tidak support POE menggunakan kabel UTP. Kenapa saya menulis artikel ini, karena memang ini salah satu project saya untuk memperluas jangkauan RT/RW Net yang sedang saya bangun, kebanyakan memang Access Point outdoor sudah support POE, dan karena yang saya punya bukan AP Outdoor melainkan AP indoor maka harus dimodifikasi dahulu agar support POE.

Langsung saja peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
1. Kabel UTP
Karena saya akan memperluas jangkuan sekitar 50m dari sumber listrik maka saya menggunakan panjang kabel kurang lebih 50m.

2. Konektor RJ-45
Konektor ini akan dipasang di setiap ujung kabel UTP.

3. Adaptor 9v 1a
Saya menggunakan adaptor bekas dari Access Point Tp Link yang sudah rusak.

4. POE adaptor
Saya juga menggunakan POE adaptor bekas Access Point TP Link outdoor yang sudah rusak, POE Adaptor ini bisa diganti dengan menggunakan modul Step UP/Down

5. Jack DC Male
Jack DC ini digunakan untuk menyambung power dari kabel UTP agar bisa dipasang ke Access Point, saya menggunakan jack dc bekas adaptor yang sudah rusak, atau kalian bisa membelinya.

6. Access Point
Access Point yang digunakan untuk menyebar sinyal wifi.

 

Kenapa saya menggunakan POE Adaptor, karena memang panjang kabel yang lumayan panjang sehingga power dari Adaptor berkurang untuk menghidupkan Access Pointnya, akibatnya Access Point tidak bisa bekerja dengan baik (Sering Restart), jika tidak mempunyai POE Adaptor bisa diganti dengan menggundakan modul Step UP pada Adaptor, sehingga tegangan bisa lebih besar dan mampu menstabilkan kinerja Access Point.
 

Untuk caranya sebagai berikut :


1. Pasang Konektor RJ-45
Buat dua kabel UTP yang sudah terpasang dengan Konektor RJ-45. Yang satu digunakan untuk internet panjang sesuai kebutuhan dengan memasang konektor pada ke dua sisi dan untuk kabel satunya yang panjang 50m pasang konektor RJ-45 pada salah satu ujung kabel UTP, untuk ujung satunya pasang kabel pada urutan 1-2-3-6, atau pada warna putih orange-orang-putih hijau-hijau. Sedangkan untuk urutan kabel 4-5-7-8 atau pada warna biru-putih biru - putih cokklat - coklat, digunakan untuk power POE. lihat tabel dibawah untuk lebih jelasnya.

No. Urutan

Warna

Fungsi 

1

Putih Orange

Data

2

Orange

Data

3

Putih Hijau

Data

4

Biru

Power (+)

5

Putih Biru

Power (+)

6

Hjau

Data

7

Putih Coklat

Power (-)

8

Coklat

Power (-)

Baca Juga : 

2. Sambung Jack DC Male
Sambungkan Jack DC Male pada kabel UTP dengan urutan warna biru-putih biru untuk (+) Plus, dan putih coklat-coklkat untuk (-) Minus. Seperti gambar di bawah.

 

Demikianlah beberapa informasi dari Seputar Coding tentang Cara Memodifikasi Kabel UTP Menjadi POE. Jika teman-teman masih belum paham, silakan tinggalkan komentar di bawah.




Bagikan Artikel :